THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 13 Oktober 2008

Space Elevator

Lift luar angkasa atau yang biasa disebut Space Elevator,yang saat ini sedang dalam proses pengembangan. Sebuah perusahaan yang bernama LiftPort menargetkan pada tahun 2013,setiap warga sipil yag mampu,bisa melihat Bumi dari luar angkasa.

What is a space elevator ?

Space Elevator adalah lift khusus yang bisa membawa isinya melesat ke luar angkasa sampai setinggi lebih dari 35.000 km dari permukaan laut. Prisip dasarnya adalah menancapkan sebuah kabel di permukaan Bumi,tepatnya di LiftPort station, lalu menghubungkan dengan satelit kecil khusus untuk space elevator, di luar angkasa. Dengan terikatnya kabel pada satelit yang berputar sesuai orbit Bumi, lift ini akan mendapat cukup gaya centrifugal (bergerak menjauhi pusat), untuk tetap berdiri dan menolak gravitasi Bumi.

Material & Difficulties

Walau prinsipnya terdengar sederhana, namun tetap saja diperlukan berbagai material canggih yang masih harus dikembangkan.Untuk membuat kabel yang begitu panjang dan harus melewati berbagai lapisan atmosfer Bumi, para ilmuwan LiftPort percaya pada Carbon Nanotube.Cabon Nanotube yang berdiameter 1/1.000 sehelai rambut kita saja,100 kali lebih kuatdari bes dan lebih keras dari batu berlian. Sebuah bahan hasil dari Nanoteknologi ini memenuhi syarat-syaratkabel space elevator, yaitu ringan, kuat dan dapat diproduksi dalam jumlah besar.

Proyek space elevator ini tepakasa dibekukan dulu karena masalah dana dan diperlukannya pengkajian lebih jauh.
Banyak pihak yang meragukan teori LiftPort mengingat banyak hal yang bisa menjadi ancaman keberhasilan mereka.
Misalnya saja tentang kemungkinan kabel lift menabrak satelit-satelit dalam orbit Bumi, bahaya meteor, material yang tidak cukup kuat untuk bertahan lama,cuaca dll.

0 komentar: